Jumat, 20 Maret 2009

PENCINTA ALAM (bagian 3 : Pendekatan Filosofis)

Bismillahirrahmanirraahim
Assalamualaikum Wr.Wb

Fungsi Manusia (diciptakan)
setelah menyadari salah satu hakiat
Allah SWT menciptakan
alam dan manusia
maka selanjutnya
lalu apa fungsi
manusia diciptakan ?


1. Secara umum, manusia diciptakan Allah SWT adalah untuk memberikan kebaikan bagi kehidupan di muka bumi (alam dunia).
Sangatlah mudah untuk disadari bahwa komunitas pencinta alam sebagai manusia (sedang dalam proses menjadi manusia yang hakiki) memiliki fungsi (wajib sebagai manusia) untuk membangun dan menjaga kebaikan dalam berbagai bentuk aktivitas kehidupannya.
Artinya adalah bahwa komunitas pencinta alam (sebagai manusia) tidak diperkenankan (sangat dicela) untuk melakukan hal ihwal yang bersifat merusak .
Singkatnya adalah bahwa konsepsi pencinta alam tidak mengarahkan komunitasnya untuk melakukan kerusakan (kepada diri sendiri, orang lain dan lingkungannya) melainkan menyampaikan kebaikan (manfaat) dimanapun mereka berada.

2. Secara khusus, setiap manusia harus dapat menyadari tugas operatifnya dalam menyelenggarakan kebaikan di muka bumi (alam dunia).
Setiap orang (manusia) harus dapat menyadari spesifikasi tugasnya (kewajibannya) dalam kehidupannya sebagai bagian dari penyelenggaraan kebaikan secara umum.
Pintu untuk mengenal spesifikasi tugas tersebut terletak pada nama yang diberikan Allah SWT Sang Maha Pencipta (bukan nama duniawi yang diberikan oleh orang tua dan lain lain).

bahwa segala hal

yang diciptakan
juga telah diberi nama olehNYA.
maka
siapakah / apakah nama anda
yang diberikan oleh Allah SWT ?

3. Seluruh bentuk pelaksanaan fungsi sebagai manusia yakni memberikan kebaikan bagi kehidupan dimuka bumi (alam dunia) akan mendidik setiap orang untuk senantiasa menjadi sosok manusia yang selalu dapat memberikan manfaat dimanapun ia berada.

4. Pelaksanaan fungsi sebagai manusia tersebut haruslah disandarkan kepada Allah SWT sebagai perwujudan / bentuk pengabdian manusia kepada Allah SWT.


Tentang potensi diri manusia (tunggu lanjutannya)

tentang fenomena kehidupan :
hampir setiap orang
ternyata melakukan
hal hal yang tidak baik
walaupun hal tersebut
sesungguhnya tidak
mereka inginkan !
mengapa ?

sampai jumpa









1 komentar:

  1. untuk mengetahui secara filosofis..... sedikit tidak mngerti harus mulai dari mana dan seperti apa wujudnya?

    BalasHapus